Laporan Akhir 2


Percobaan VI

8x Switch SPDT dan LCD

1. Prosedur [Kembali]

  • Rangkailah seperti rangkaian berikut
  • Buka Arduino IDE dan masukan listing program
  • Upload program ke arduino
  • Variasikan tombol yang ditekan dan amati keluarannya pada LCD
Gambar 1. Rangkaian Hardware
 

   1. Arduino Uno

    2. Switch SPDT

    3. LCD


    4. Kabel jumper

    5. Breadboard


    6. Potensiometer


Diagram Blok:


Gambar 1. Rangkaian Simulasi.

Prinsip Kerja:

    Pada rangkaian percobaan 6 ini menggunakan 8 buah switch spdt yang berfungsi sebagai input dan LCD berfungsi sebagai output. Dimana switch akan memunculkan warna tombol yang dipencet dan menampilkan di LCD. Ketika kita menekan switch warna merah maka lcd akan tertulis "Merah" begitu pula bila menekan switch lainnya. Pada LCD terdapat potensiometer yang berfungsi untuk mengatur kecerahan pada layar LCD.
 

4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]

Flowchart:

Listing Program:

#include <LiquidCrystal.h>
#define PB1 A0
#define PB2 A1
#define PB3 A2
#define PB4 A3
#define PB5 A4
#define PB6 A5
#define PB7 12
#define PB8 13
const int rs = 11, en = 10, d4 = 6, d5 = 5, d6 = 4, d7 = 3;
LiquidCrystal lcd(rs, en, d4, d5, d6, d7);
bool Button1,Button2,Button3,Button4,Button5,Button6,Button7,Button8;
void setup() {
 Serial.begin(9600);
 lcd.begin(16,2);
 pinMode(PB1, INPUT);
 pinMode(PB2, INPUT);
 pinMode(PB3, INPUT);
 pinMode(PB4, INPUT);
 pinMode(PB5, INPUT);
 pinMode(PB6, INPUT);
 pinMode(PB7, INPUT);
 pinMode(PB8, INPUT);
}
void loop() {
 Button1 = digitalRead(PB1);
 Button2 = digitalRead(PB2);
 Button3 = digitalRead(PB3);
 Button4 = digitalRead(PB4);
 Button5 = digitalRead(PB5);
 Button6 = digitalRead(PB6);
 Button7 = digitalRead(PB7);
 Button8 = digitalRead(PB8);
 if(Button1==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW &
Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 0);
 lcd.print("Merah");
 }
 else if(Button2==HIGH & Button1==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW
& Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 0);
 lcd.print("Kuning");
 }
 else if(Button3==HIGH & Button2==LOW & Button1==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW
& Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 0);
 lcd.print("Hijau");
 }
 else if(Button4==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button1==LOW & Button5==LOW
& Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 0);
 lcd.print("Biru");
 }
 else if(Button5==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button1==LOW
 & Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 1);
 lcd.print("Merah");
 }
 else if(Button6==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW
& Button1==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 1);
 lcd.print("Hijau");
 }
 else if(Button7==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW
& Button6==LOW & Button1==LOW & Button8==LOW){
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 1);
 lcd.print("Biru");
 }
 else if(Button8==HIGH & Button2==LOW & Button3==LOW & Button4==LOW & Button5==LOW
& Button6==LOW & Button7==LOW & Button1==LOW){
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 1);
 lcd.print("Putih");
 }
 else if(Button1==LOW & Button2==LOW & Button3==LOW & Button5==LOW & Button5==LOW
& Button6==LOW & Button7==LOW & Button8==LOW){
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 0);
 lcd.print("Silahkan Tekan");
 lcd.setCursor(0, 1);
 lcd.print("Salah Satu SW");
 }
 else{
 lcd.clear();
 lcd.setCursor(0, 0);
 lcd.print("Error");
 }
 delay(100); // Tambahkan penundaan agar tampilan tidak berubah terlalu cepat
}

5. Kondisi [Kembali]

    Ketika salah satu dari 8 switch diklik maka akan dibaca oleh Arduino dan, arduino akan memberikan perintah untuk menampilkan warna switch yang diklik tersebut pada LCD.

᭒ HTML↠ klik disini
᭒ Gambar Rangkaian ↠ klik disini
᭒ Video Demo ↠ klik disini
᭒ Listing Program ↠ klik disini






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Unggulan

Aplikasi Encoder Decoder

APLIKASI ROLLING TOKO OTOMATIS [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Tujuan 2. Alat dan Bahan 3. Dasar Teori 4. Percobaan ...