Laporan Akhir 1


Percobaan II

Keypad dan 7 Segment

1. Prosedur [Kembali]

  • Rangkailah seperti rangkaian berikut
  • Buka Arduino IDE dan masukan listing program
  • Upload program ke arduino
  • Pilih tombol yang ingin ditekan dan amati keluarannya pada LCD
Gambar 1. Rangkaian Hardware
 

   1. Arduino Uno

    2. Keypad


    3. LCD


    4. Kabel jumper

    5. Breadboard


   


Diagram Blok:





 

4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]

Flowchart:



Listing Program:

//Percobaan 2 #include <Keypad.h> const byte ROWS = 4; // Four rows const byte COLS = 4; // Fou columns char keys[ROWS][COLS] = { {'1','2','3','A'}, {'4','5','6','B'}, // Keypad 4x4 layout {'7','8','9','C'}, {'*','0','#', 'D'} }; byte rowPins[ROWS] = {A4, A3, A2, A1}; // Connect to the keypad row pins byte colPins[COLS] = {10, 11, 12, 13}; // Connect to the keypad column pins Keypad keypad = Keypad(makeKeymap(keys), rowPins, colPins, ROWS, COLS); const int segmentPins[] = {9, 8, 7, 6, 5, 4, 3, 2}; // Connect to the seven-segment display segment pins void setup() { for (int i = 0; i < 8; i++) { pinMode(segmentPins[i], OUTPUT); } } void loop() { char key = keypad.getKey(); if (key) { displayCharacter(key); delay(1000); clearDisplay(); } } void displayCharacter(char ch) { // Define segment patterns for each digit (0-9) // Example: Displaying '1' // A // F B // G // E C // D byte patterns[][9] = { {0, 0, 0, 0, 0, 0, 1, 1}, // 0 {1, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1}, // 1 {0, 0, 1, 0, 0, 1, 0, 1}, // 2 {0, 0, 0, 0, 1, 1, 0, 1}, // 3 {1, 0, 0, 1, 1, 0, 0, 1}, // 4 {0, 1, 0, 0, 1, 0, 0, 1}, // 5 {0, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 6 {0, 0, 0, 1, 1, 1, 1, 1}, // 7 {0, 0, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, // 8 {0, 0, 0, 0, 1, 0, 0, 1}, // 9 {0, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 1}, //a {1, 1, 0, 0, 0, 0, 0, 1}, //b {0, 1, 1, 0, 0, 0, 1, 1}, //c {1, 0, 0, 0, 0, 1, 0, 1}, //d }; if ((ch >= '0' && ch <= '9') || (ch >= 'A' && ch <= 'D')) { // Get the digit index (0-9) from the character int index = (ch <= '9')? (ch - '0') : (ch - 'A' + 10); // Write the pattern to the segment pins for (int i = 0; i < 7; i++) { digitalWrite(segmentPins[i], patterns[index][i]); } } } void clearDisplay() { for (int i = 0; i < 8; i++) { digitalWrite(segmentPins[i], HIGH); } }

5. Kondisi [Kembali]

    Ketika keypad ditekan maka akan dibaca oleh Arduino dan, arduino akan memberikan perintah untuk menampilkan nilai yang ditekan tersebut pada Seven Segmen.

᭒ HTML↠ klik disini
᭒ Gambar Rangkaian ↠ klik disini
᭒ Video Demo ↠ klik disini
᭒ Listing Program ↠ klik disini






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Unggulan

Aplikasi Encoder Decoder

APLIKASI ROLLING TOKO OTOMATIS [KEMBALI KE MENU SEBELUMNYA] DAFTAR ISI 1. Tujuan 2. Alat dan Bahan 3. Dasar Teori 4. Percobaan ...